•   Senin, 21 Oktober 2019
Perbankan

OJK Sosialisasikan Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan di STIE Perbanas Surabaya

( words)
Mulyanto selaku Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) 2 dan Managemnt Strategis saat memaparkan materi di hadapan para mahasiswa dan mahasiswi STIE Perbanas Surabaya. Sp/Iker


SURABAYA PAGI, Surabaya - Otoritas Jasa Keuangan OJK dalam upaya mensosialisasikan tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan OJK Nomor 01/POJK.07/2013 melakukan sosialisasi di kampus STIE Perbanas Surabaya.

Dalam rangka menyebarluaskan aturan tersebut, OJK menggandeng STIE Perbanas Surabaya untuk mensosialisasikan aturan tentang perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan. Dihadiri langsung oleh Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) 2 dan Managemnt Strategis, Mulyanto dan Analis Junior Department Perlindungan Konsumen

Mulyanto memaparkan pihaknya menerima laporan layanan permintaan informasi maupun pengaduan dari konsumen terkait penggunaan Jasa Keuangan. Sejauh ini, laporan layanan konsumen dan pengaduan persektornya, yang terkait Asuransi mencapai 82,96% atau 8.336 laporan dan disusul sektor perbankan.

"Masyarakat perlu meningkatkan literasi tentang produk jasa keuangan. Pasalnya, saat ini masih ada gap antara penggunaan jasa keuangan dan tingkat literasinya," papar Mulyanto.

Tingkat penggunaan jasa keuangan secara nasional mencapai 70% dan di daerah Jawa Timur ada 73%. Kemudian, inklusi atau penggunaannya sudah mencapai 60%. ”Di sisi lain, literasi tingkat pemahamannya relatif rendah, secara nasional 29% dan Jawa Timur sekitar 33% sehingga itu ada jarak antara 33% dan 73%,” rincinya.

Ketua STIE Perbanas Surabaya, Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si., menanggapi bahwa kegiatan sosialisasi tersebut tidak asing lagi bagi lingkungan kampus STIE Perbanas. Kegiatan ini sesuai dengan jiwa dan karakteristik dari STIE Perbanas Surabaya.

"Mahasiswa yang kuliah di sini, konsentrasinya ada di perbankan, keuangan, dan pemasaran. Tentunya, kegiatan ini akan sangat mendukung mahasiswa yang menempuh dalam program studi itu,” paparnya.

Oleh karena itu, OJK melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi merupakan salah satu upaya OJK untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, bukan sekadar kalangan akademisi saja tetapi termasuk Pelaku Usaha Jasa Keuangan itu sendiri. Iker

Berita Populer