•   Senin, 24 Februari 2020
Peristiwa Internasional

Presiden Putin Tawarkan Sistem Rudal Ke Arab Saudi Sebagai Pertahanan Diri

( words)


SURABAYAPAGI.COM, -Serangan yang terjadi di fasilitas Abqaiq dan Khurais pada Sabtu dini hari (14/9/2019) yang mana menyebabkan lima persen pasokan minyak dunia terganggu. Atas kejadian itu Presiden Rusia Vladimir Putin menawarkan akan menjual sistem rudal kepada Arab Saudi.

“Kami siap melindungi Arab Saudi sehingga dia bisa melindungi seluruh kedaulatannya” ucap putin seperti diberitakan kantor berita AFP, Senin (16/9/2019).

Pernyataan Putin tersebut ia lakukan di sela pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani dalam membahas situasi di Suriah.

Menurut Putin, Saudi bisa melindungi pabrik minyak mentah mereka seperti Iran yang telah membeli sistem pertahanan Rudal S-300 dari rusia.

Komentarnya berselang selama sehari setelah Moskwa mewanti – wanti reaksi yang mereka anggap buruk, setelah AS menyalahkan Iran sebagai dalang dari serangan tersebut.

Houthi, kelompok pemberontak asal Yaman yang diperangi koalisi pimpinan Saudi dalam empat tahun terakhir, mengklaim bertanggung jawab atas serangan drone itu.

Rouhani mengatakan bahwa serangan tersebut merupakan tindakan pertahanan diri yang dilakukan oleh Houthi.

“Selama ini, Yaman terus dibombardir. Rakyat disana hanya bergerak merespons. Mereka sekedar mempertahankan diri,” tutur Rouhani.

Houthi memberikan peringatan bahwa mereka bisa melakukan serangan lain pada senin, dan memperingatkan kepada warga asing untuk menjauh dari lokasi.

Berita Populer