•   Senin, 21 Oktober 2019
Agrobisnis

RI akan Ekspor Produk Perkebunan

( words)
ilustrasi, SP/Net


SURABAYAPAGI.com - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan Indonesia akan mengekspor buah nanas, mangga, dan sarang burung walet ke Argentina. Rencananya, komitmen kerja sama perdagangan bilateral kedua negara akan disepakati pada bulan ini.

"Kami berencana ekspor pineapple, mango steam, sarang burung walet ke Argentina, dan ada penambahan volume CPO (Crude Palm Oils/minyak sawit mentah)," ucap Amran dilansir dari CNN, Rabu (18/9).

Sayangnya, Amran belum merinci berapa banyak volume ekspor masing-masing komoditas. Begitu pula dengan kesepakatan nilai kerja sama yang akan dijalin oleh kedua negara.

Namun ia memastikan, bila kerja sama ini terjalin, maka nilai perdagangan ekspor dari Indonesia ke Argentina akan meningkat cukup signifikan. Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai ekspor Indonesia ke Argentina sejatinya naik turun dari tahun ke tahun.

Pada 2014, nilai ekspor Indonesia ke Argentina sebesar US$1,7 miliar, lalu turun menjadi US$1,53 miliar pada 2015. Kemudian, naik tipis menjadi US$1,59 miliar pada 2016.

Selanjutnya, turun lagi menjadi US$1,42 miliar pada 2017 dan naik lagi menjadi US$1,67 miliar pada 2018. Sementara per Januari-Juli 2019, nilai ekspor Indonesia ke Argentina sudah mencapai US$1,22 miliar.

Sebelumnya, tak hanya melangsungkan hubungan perdagangan, Indonesia dan Argentina juga berencana menjalin kerja sama di bidang pengembangan teknologi pertanian. Argentina merupakan salah satu pasar non tradisional Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap meminta para jajaran menteri untuk bisa meningkatkan realisasi ekspor ke negara-negara non tradisional. Tujuannya, untuk memperluas akses pasar, sehingga kinerja ekspor meningkat dan memberi sumbangan ke pertumbuhan ekonomi.

Berita Populer