•   Senin, 24 Februari 2020
Kesehatan

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C

( words)
Makanan yang mengandung vitamanin C, Foto: Moday Center


SURABAYAPAGI.com - Vitamin C memiliki manfaat yang sangat banyak, diantaranya membantu produksi kolagen yang berguna untuk kulit, pembuluh darah, tulang rawan, ligamen dan jaringan ikat atau tendon. Vitamin C juga dibutuhkan untuk mengobati luka, penyerapan zat besi, dan menjaga kesehatan tulang. Berikut beberapa tanda yang diberikan oleh tubuh saat kekurangan Vitamin C.
1. Mudah Memar
Proses penyembuhan tubuh tergantung keberadaan Vitamin C. Respons imun yang bekerja untuk mengobati luka dan melawan infeksi sangat mengandalkan Vitamin C. Memar dihasilkan oleh hancurnya pembuluh darah merah yang sangat kecil atau disebut kapiler di pinggir kulit. Kekurangan vitamin C bisa membuat pembuluh kapiler lemah dan pecah sehingga kulit mudah timbul memar.
2. Gusi Berdarah
Gusi sendiri terbentuk dari kolagen. Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh untuk mensintesis kolagen. Jika ada masalah pada gusi berarti asupan Vitamin C yang bertugas memproduksi kolagen sangat rendah.
3. Rambut Kering
Kondisi rambut juga tergantung pada produksi kolagen. Jika rambut kering dan kusam berarti sedang mengalami defisiensi Vitamin C.
4. Mimisan
Mimisan terjadi ketika pembuluh darah kecil yang terdapat di hidung pecah. Pembuluh darah yang lemah dan pecah bisa diakibatkan karena kekurangan vitamin C.
5. Mudah Lelah
Vitamin C membantu menstimulasi produksi sel darah putih yang dapat menyerang bakteri dan virus sebagai bagian dari respons imun. Orang yang kekurangan vitamin C juga gampang jatuh sakit karena sistem kekebalan tubuhnya melemah. rep

Berita Populer